Jakarta, TeropongJakarta.com – Dalam sebuah wawancara eksklusif, Maulidia Fitri Khoirunnisa, seorang guru TK dan operator sekolah di beberapa sekolah di Jakarta Timur, serta seorang influencer olahraga di media sosial, membahas keseimbangan antara profesi pendidikan dan passionnya dalam olahraga.

“Mengelola keseimbangan antara profesi guru TK dan operator sekolah membutuhkan manajemen waktu yang baik untuk menciptakan efektivitas dan produktivitas, serta kemauan dan tekad yang kuat dalam bekerja,” ujarnya.

Maulidia menjelaskan bahwa motivasinya untuk terjun ke dunia pendidikan berasal dari keluarganya yang memiliki latar belakang pendidikan. “Saya suka dengan anak kecil, jadi menjadi guru TK merupakan hal yang menyenangkan bagi saya dan tentunya merupakan salah satu profesi yang mulia karena dapat mendidik dan mencerdaskan anak bangsa,” tambahnya.

Dari pengalaman sebagai guru TK dan operator sekolah, Maulidia menyoroti banyak hal yang dipelajari. “Kita dapat belajar sabar, memahami psikologis & karakter anak yang berbeda, gizi anak, memperhatikan tumbuh kembang anak, dan belajar parenting. Serta kita dapat memahami manajemen sekolah, kepemimpinan, dan kerjasama dalam lingkup sekolah.”

Mengelola kesibukan sehari-hari, Maulidia membagi waktu dan menentukan prioritas. “Sebagai guru dan operator sekolah kita bekerja hanya setengah hari, jadi masih ada waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk hal positif seperti olahraga dan membuat konten olahraga yang inspiratif untuk memotivasi orang lain.”

Tantangan yang dihadapi sebagai guru dan operator adalah harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan berbagai bidang ilmu. “Cara mengatasinya adalah memiliki kepribadian yang matang, mau berkembang, memiliki keterampilan untuk meningkatkan minat peserta didik, mengupgrade diri dengan cara ikut seminar, workshop ataupun pelatihan guru, dan menekankan sikap profesional dalam kerjasama mendidik anak di lingkup sekolah,” ungkapnya.

Maulidia juga berbagi pesan kepada pengikutnya di media sosial. “Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatanmu, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan tetap produktif untuk memperpanjang hidupmu lebih bahagia.”

Dengan berbagi kegiatan berolahraga secara teratur, Maulidia berharap dapat memberikan tips kesehatan dalam pola latihan olahraga maupun pola makan sehat. Selain itu, ia juga ingin meningkatkan kualitas sekolah-sekolah di Jakarta serta menjadi guru yang profesional untuk membantu siswa menciptakan pembelajar seumur hidup.