Jakarta, TeropongJakarta.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan langkah besar untuk Indonesia dengan pembangunan pabrik Build Your Dream (BYD). Dalam serangkaian kunjungannya ke China, Luhut mendapat laporan dari anak buahnya, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto, yang baru saja pulang dari perjalanan dinas tersebut.

“Sebelum kembali ke tanah air, deputi saya bertemu dengan BYD di Shenzhen untuk membahas investasi pabrik mereka,” ungkap Luhut dalam postingan Instagramnya. Kabar baik pun datang dari BYD, yang berencana melakukan groundbreaking pembangunan pabrik pada Juli 2024, dengan harapan pabrik tersebut akan beroperasi penuh pada 2026.

BYD sangat antusias dengan investasi di Indonesia. Target mereka adalah memulai produksi komersial di Indonesia pada awal 2026,” tambah Luhut.

Namun, tantangan yang muncul terkait dengan proyek ini adalah persiapan infrastruktur dan fasilitas penunjang. Luhut pun meminta dukungan dari pemerintah, termasuk kerja sama lintas kementerian dan lembaga untuk memasang stasiun pengisian daya kendaraan listrik.

“Stasiun pengisian daya kendaraan listrik harus tersedia dari ujung barat hingga timur Indonesia. Kita harus memastikan bahwa orang-orang dapat melakukan perjalanan Lebaran dari sini hingga Surabaya tanpa khawatir kehabisan daya,” ungkapnya.

Dengan investasi sebesar US$ 1,3 miliar, BYD telah mengukuhkan dirinya untuk memasuki pasar Indonesia pada tahun 2024. Langkah ini memberikan harapan besar bagi pertumbuhan industri mobil listrik di Indonesia, sambil menantang pemerintah untuk mempersiapkan infrastruktur yang mendukung.