Jakarta, TeropongJakarta.com – Kebiasaan minum es saat berbuka puasa telah menjadi bagian dari tradisi di banyak negara Muslim selama bulan Ramadan. Selain memberikan kesegaran setelah seharian menahan lapar dan haus, minuman dingin ini juga memiliki manfaat kesehatan yang penting untuk dipertimbangkan.

Salah satu manfaat utama dari minum es saat berbuka puasa adalah membantu menghidrasi tubuh dengan cepat. Setelah seharian berpuasa tanpa konsumsi cairan, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit dan menjaga fungsi organ tubuh. Minuman es dapat memberikan sensasi kesegaran yang langsung dirasakan dan membantu memulihkan cairan tubuh yang hilang selama puasa.

Selain itu, minuman es juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang meningkat akibat cuaca panas dan dehidrasi. Ketika tubuh terlalu panas, minuman dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara alami dan memberikan rasa nyaman.

Namun demikian, ada beberapa kiat sehat yang perlu diperhatikan saat memilih dan mengonsumsi minuman es saat berbuka puasa. Pertama, penting untuk memilih minuman es yang tidak mengandung terlalu banyak gula dan kalori. Konsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat dan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Pilihlah minuman es yang rendah gula atau tanpa tambahan gula untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, hindari minuman es yang terlalu dingin. Meskipun minuman dingin dapat memberikan sensasi kesegaran yang menyenangkan, minuman yang terlalu dingin dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah di tenggorokan dan perut, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit kepala.

Dengan memperhatikan kiat-kiat sehat ini, minum es saat berbuka puasa dapat memberikan manfaat yang menyegarkan bagi tubuh, sambil menjaga kesehatan dan keseimbangan gula darah. Tetaplah memilih minuman dengan bijak dan mengonsumsi dengan porsi yang moderat untuk mendapatkan manfaat yang optimal selama bulan Ramadan ini. Semoga kita semua dapat menjalani ibadah puasa dengan baik dan sehat!