Jakarta, TeropongJakarta.com – Bagi banyak orang, minum kopi saat puasa telah menjadi kebiasaan yang tidak terpisahkan. Namun, apakah minum kopi saat puasa itu tepat? Sebuah penelitian terbaru menyoroti manfaat dan waktu terbaik untuk menikmati kopi selama bulan suci Ramadan.

Studi menunjukkan bahwa minum secangkir kopi saat sahur dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk menjalani puasa seharian. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menjaga kewaspadaan dan fokus selama ibadah dan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, minum kopi saat berbuka dapat membantu mengatasi rasa kantuk dan kelelahan yang mungkin dirasakan setelah seharian berpuasa. Kopi juga dapat membantu memperbaiki mood dan meningkatkan konsentrasi, sehingga memudahkan pelaksanaan ibadah dan aktivitas sosial di malam hari.

Namun, penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi kopi agar tidak berlebihan, terutama karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Disarankan untuk minum air putih yang cukup selama waktu berbuka dan sahur untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Dengan memahami manfaat dan waktu yang tepat untuk minum kopi saat puasa, kita dapat memanfaatkan potensi positif dari minuman ini untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan selama bulan Ramadan.