Jakarta, TeropongJakarta.com ini Di tengah riuh rendahnya suasana menjelang waktu berbuka puasa, terkadang kita tergoda untuk langsung menyantap makanan berat dan manis yang telah ditunggu-tunggu sepanjang hari. Namun, dalam tradisi Islam, ada kebiasaan yang sangat dianjurkan sebelum berbuka, yaitu memulainya dengan minum air putih terlebih dahulu. Ternyata, kebiasaan sederhana ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga memiliki keutamaan spiritual yang signifikan yang tidak boleh diabaikan.

Manfaat kesehatan yang dimiliki oleh kebiasaan memulai berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu sangatlah beragam dan penting. Pertama-tama, setelah berpuasa sepanjang hari, tubuh kita membutuhkan cairan untuk menggantikan kehilangan yang telah terjadi. Minum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selain itu, memulai berbuka dengan air putih juga dapat membantu mempersiapkan sistem pencernaan untuk menerima makanan dengan lebih baik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pencernaan makanan yang akan dikonsumsi.

Tak kalah pentingnya, air putih juga merupakan elemen penting dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Dengan meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, kita dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit kering dan kusam.

Selain manfaat kesehatan, memulai berbuka puasa dengan air putih juga memiliki keutamaan spiritual yang sangat berharga. Dengan meminum air putih terlebih dahulu sebelum menyantap makanan, kita diingatkan untuk bersyukur atas nikmat air yang diberikan oleh Allah SWT. Hal ini merupakan momen untuk mengingat rasa syukur atas setiap rezeki yang diberikan, termasuk air yang seringkali dianggap remeh.

Selain itu, memulai berbuka puasa dengan air putih juga dapat meningkatkan kesadaran spiritual kita dan memperkuat ikatan dengan Tuhan. Dengan demikian, memulai tindakan kita dengan mengingat Allah dan mengikuti anjuran-Nya untuk mengonsumsi air putih sebelum makan dapat menjadi langkah awal untuk membiasakan diri dengan kebiasaan baik dan mengembangkan kesadaran diri serta kepatuhan terhadap ajaran agama.

Dengan memahami manfaat kesehatan dan keutamaan spiritual dari tradisi memulai berbuka puasa dengan air putih terlebih dahulu, mari kita berupaya untuk menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dari ibadah puasa kita setiap tahunnya. Semoga dengan demikian, kita dapat meraih manfaat yang berlipat ganda, baik dari segi kesehatan fisik maupun spiritual.