Sulawesi Tengah – TeropongJakarta.com – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk meninjau langsung kondisi harga bahan pokok di pasar dan berinteraksi dengan para pedagang.

Dalam keterangan kepada media setelah peninjauan, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa sambutan masyarakat Banggai Kepulauan sangat baik dan ramah. Ia juga mencatat bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok terpantau dalam kondisi yang baik.

“Masyarakat di Kabupaten Banggai Kepulauan sangat ramah, sangat baik dalam menyambut kami semuanya dan tadi saya cek harga-harga kebutuhan pokok juga baik,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga memberikan rincian harga-harga bahan pokok yang terpantau di pasar tersebut. Dia menyebut bahwa harga beras berkisar antara Rp13 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram, dengan harga bawang merah sekitar Rp35 ribu dan bawang putih sekitar Rp60 ribu.

Para pedagang di pasar juga berbagi pengalaman mereka dalam bertemu dengan Presiden Jokowi. Ibu Mar’ah menjelaskan variasi harga beras antara Rp13 ribu hingga Rp15 ribu tergantung merk dan kualitasnya. Sementara itu, Ibu Emy menceritakan bagaimana Presiden Jokowi membeli ubi Banggai darinya dengan memberikan harga yang lebih tinggi dari yang ditawarkan.

“Senang. Terima kasih Pak Jokowi,” ungkapnya, menunjukkan rasa syukurnya atas perhatian Presiden.

Syarifuddin, seorang pedagang lain, juga menyatakan kegembiraannya dapat bertemu dengan Presiden Jokowi, mengungkapkan rasa syukurnya atas kunjungan tersebut.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir, dan Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir. Kehadiran mereka turut memberikan dukungan dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Pasar Salakan, Banggai Kepulauan.