Bandung, TeropongJakarta.com – Nama Nadya Gianifa mungkin belum begitu dikenal luas, tapi kisah perjuangannya di dunia outdoor dan konten kini menjadi inspirasi bagi banyak orang. Berjuang dari ketidaksetujuan keluarga dan hambatan sosial, Nadya berhasil membuktikan bahwa semangat dan tekad dapat mengantarkan seseorang mencapai impian, bahkan di tengah tantangan yang berat.

Dilahirkan di Bandung pada tahun 1999, Nadya Gianifa memulai perjalanannya dengan impian besar: menjadi ahli di bidang outdoor. Namun, tantangan seolah menyelimuti langkahnya. Dengan minimnya dukungan keluarga dan keterbatasan finansial, Nadya harus mencari jalan sendiri untuk mengejar passion-nya. Lulus kuliah pada tahun 2022, Nadya menegaskan pilihannya untuk fokus pada kegiatan outdoor, meskipun harus mengorbankan bidang lain yang diminatinya.

“Awalnya, saya tidak mendapat banyak dukungan, terutama karena saya perempuan yang memilih kegiatan yang lebih umumnya dilakukan oleh laki-laki,” ungkap Nadya. “Tapi saya tidak menyerah. Saya ingin membuktikan bahwa semua orang memiliki hak untuk mengejar impian mereka, tanpa pandang gender atau latar belakang.”

Dengan tekad yang kuat, Nadya tidak hanya mengejar kegiatan outdoor, tetapi juga memutuskan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya melalui konten dan menjadi seorang guide. “Saya melihat konten dan menjadi guide sebagai media untuk membranding diri saya sendiri, juga sebagai sumber untuk mengumpulkan modal guna terus mengembangkan skill dan pengalaman saya di dunia outdoor,” tambahnya.

Tidak hanya sekadar berkutat di dunia outdoor, Nadya juga menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan profesi yang berbeda. Dengan latar belakang pendidikan arsitektur dan desain fashion, Nadya harus mengorbankan beberapa kesempatan dalam kedua bidang tersebut demi fokus pada kegiatan outdoor yang menjadi passion-nya.

Namun, segala perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan Nadya tidak sia-sia. Pada tahun 2024 ini, dia telah menetapkan target untuk meningkatkan skill-nya di bidang outdoor, termasuk mendaki gunung-gunung dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan mengembangkan keahlian di berbagai kegiatan outdoor lainnya.

“Tips saya bagi mereka yang ingin mengejar passion-nya adalah tetap menetapkan skala prioritas dan membagi waktu dengan bijak,” tutur Nadya. “Mungkin kita tidak akan menjadi yang terbaik dalam segala hal, tapi dengan fokus dan ketekunan, kita bisa memberikan yang terbaik dari diri kita sendiri.”

Kisah Nadya Gianifa bukan hanya tentang penaklukan puncak gunung, tetapi juga tentang penaklukan diri dan semangat untuk tidak pernah menyerah. Dengan ketekunan dan inspirasi yang dia tanamkan, dia menjadi bukti hidup bahwa impian besar bisa diwujudkan, bahkan di tengah badai tantangan.