Jakarta, TeropongJakarta.com – Virda Faridia Tansya, seorang Kowad berpangkat Sersan Kepala dengan pengalaman 11 tahun di Kodam III/Siliwangi, Bandung, memiliki kisah yang menginspirasi. Berusia 29 tahun, Virda menceritakan perjalanan hidupnya yang tak terduga, mulai dari hobi olahraga hingga tugas luar negeri di Sudan.

“Dulu, saya tidak pernah membayangkan menjadi seorang tentara. Namun, karena ajakan iseng dari seorang teman, saya ikut tes dan akhirnya lolos,” kata Virda.

Setelah menjalani pendidikan di Pusdikkowad Lembang, Bandung, Virda akhirnya ditempatkan di kodam III/Siliwangi. Ia menikmati pengalamannya di kampung halaman sendiri, yang memudahkannya dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Virda ketika sedang Kegiatan teritorial dengan masyarakat Elgenina Darfur Sudan.

Prestasi Virda tidak hanya dalam bidang militer, tetapi juga dalam olahraga. Dari bola voli, lari, hingga menembak pistol, Virda memiliki ketertarikan yang luas. Dalam kesatuan, ia menjalani jadwal olahraga yang telah ditentukan, memungkinkannya untuk mengelola waktu dengan baik.

Pengalaman paling berkesan baginya adalah saat mengikuti satgas di Sudan pada tahun 2017-2018. Perbedaan besar antara Indonesia dan Sudan, dari segi iklim, makanan, hingga budaya, memberinya pelajaran berharga tentang rasa syukur akan kehidupan di tanah air.

Aktivitas rutin Virda ketika pagi hari lari pagi

“Dalam dunia militer, kegiatan fisik menjadi hal yang tak terpisahkan. Saya berbagi pengalaman dan motivasi melalui media sosial, dan bersyukur bisa memberi inspirasi kepada mereka yang ingin bergabung dengan TNI,” ujar Virda.

Dengan semangat dan dedikasinya, Virda Faridia Tansya adalah contoh nyata bahwa dengan tekad dan keberanian, seseorang dapat mencapai impian dan menginspirasi orang lain di sepanjang perjalanan hidupnya.