Jambi, TeropongJakarta.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi menegaskan komitmennya untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama periode cuti bersama dan libur Lebaran, yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 mendatang. Komitmen ini termasuk pemberian akses pelayanan kesehatan yang diperlukan, sesuai dengan prinsip portabilitas yang telah diterapkan oleh BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Dr. Shanti Lestari, menjelaskan bahwa prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

“Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan,” ungkap Shanti.

BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang, layanan non-tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN.

Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur Lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan pos komando (Posko) mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. Posko mudik kesehatan tersebar di beberapa titik strategis di Indonesia dan menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran. Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Dengan upaya ini, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang prima kepada peserta JKN selama periode cuti bersama dan libur Lebaran, mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Shanti juga mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik selalu menjaga kesehatan dan memastikan kepesertaan JKN mereka tetap aktif serta mengambil obat-obatan rutin sebelum persediaan habis.