Kebayoran Lama, TeropongJakarta.com – Jessica Livia, adalah seorang content creator dan KOL specialist yang tinggal di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Lulusan S1 Broadcasting dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) tahun 2017 ini telah melewati perjalanan panjang yang penuh tantangan untuk sampai ke posisinya saat ini. Dengan latar belakang di industri pertelevisian, Sebagai model sejak remaja dan pengalaman bekerja sebagai resepsionis di Sequis Tower, Jessica livia  kini menjalani profesi yang membebaskan potensinya secara penuh sebagai freelancer dan mulai berkecimpung di dunia per influenceran sejak thn 2020.

Pada awal pandemi tahun 2019, Jessica livia memutuskan untuk resign dari pekerjaan kantornya “Saya merasa tidak cocok dengan tekanan bekerja di bawah tekanan yang terus-menerus,” kenangnya.

Jadi ia memutuskan utk melakukan terobosan baru dengan iseng membuat konten review karena dikala pandemik itu profesi sebagai KOL mendadak booming saat orang pada umumnya memilih utk WFH .

Setelah menghabiskan waktu bekerja sebagai tim kreatif di salah satu program entertainment di Trans TV dan mengikuti kursus singkat di TAFE Sydney, Australia, Jessica memutuskan untuk terjun ke dunia freelancer yang lebih fleksibel dan juga meraup cuan yg cukup Fantastis!

Sejak menjadi freelancer, Jessicaliviaa menemukan passion-nya di dunia KOL. “Saya sangat senang bisa menggali potensi diri saya sendiri, belajar cara mengedit konten yang tepat, dan tentunya bertemu banyak orang baru serta mengeksplorasi tempat-tempat baru,” ungkapnya. Baginya, pekerjaan ini sangat menyenangkan dan memberikan kebebasan untuk berkreasi.

Sebagai KOL, Jessicaliviaa juga dihadapkan pada tantangan manajemen waktu yang cukup kompleks. “Saya harus standby dengan ponsel 24/7 karena mengurus banyak orang bukanlah perkara mudah,” katanya sambil tertawa. Tidak hanya mengatur konten untuk klient dan talent, ia juga harus mengelola konten pribadinya yang sedang berjalan. Namun, dengan bantuan tim yang kooperatif, Jessicaliviaa berhasil mengelola semuanya dengan baik dan efisien.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Jessicaliviaa adalah menjembatani visi dan misi antara klient dan talent. “Kita pastinya bertemu dengan berbagai macam latar belakang dan karakter, dan dengan bantuan saya, saya harus memastikan bahwa semua pihak bisa mencapai tujuan yang diharapkan,” jelasnya. Meski sangat challanging, ia selalu menjaga komitmen dan membangun kemitraan jangka panjang dengan klient maupun talent. Sehingga bisnis mempunyai management ini bisa dibilang cukup menjanjikan utk ke dpnnya. Krn akan selalu ada project baru dan mengandalkan social media exposure dari KOL influencer terlibat di dalamnya. Karena kita hidup di Era sosmed dimana semua orang bisa dgn mudahnya mengakses informasi dengan cepat dan ter aktual.

Sebagai lulusan jurusan Broadcasting, ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah sangat berguna dalam dunia per kontenan. “Gak hanya belajar dari eksekusi konten di lapangan saja, tapi Ilmu yang saya pelajari di kampus juga kepakai banget buat ngonten,” ujarnya. Selain itu, dengan sering bertemu sesama kreator lain, Jessicaliviaa mengaku menjadi lebih open minded dan sering berbagi ilmu, yang membuat kemampuannya dalam membuat konten terus ter-upgrade.

Jessicaliviaa juga sangat aktif dalam mengikuti berbagai seminar, workshop, dan bergabung dengan komunitas, khususnya di bidang kecantikan. Ia bahkan membangun komunitasnya sendiri bernama @Eventhunters_id, dikenal juga sebagai duta persahabatan influencer di jakarta yang mempersatukan rekan rekan influencer lainnya. “Harapannya, komunitas ini bisa terus berkembang dan menjangkau lebih banyak daerah di luar Indonesia,” katanya penuh antusias.

Selain mengelola komunitas, Jessicaliviaa juga pernah mengadakan acara gathering bersama dengan rekan-rekannya tahun lalu. Ia juga memiliki rencana untuk membuat acara meet-up yang akan mempertemukan para creator lainnya dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperluas jaringan. Dan membuka kesempatan bagi para kreator lainnya utk bergabung ke dalam komunitas EH ini.

Di sela-sela kesibukan, Jessicaliviaa tetap menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama teman, pacar dan keluarganya. “Biasanya, di akhir pekan saya suka jalan-jalan bareng pacar atau keluarga, tapi biasanya weekdays (hari kerja) saya habiskan wkt untuk visit konten, seperti ke restoran, klinik kecantikan, atau launching endors produk baru,dll” ujarnya. Rutinitas yang padat ini membuat akun media sosialnya selalu ramai dengan postingan.

Menjalani profesi sebagai content creator dan KOL tentu tidak selalu mudah. Jessicaliviaa mengakui bahwa perjalanannya dari nol hingga mencapai titik saat ini penuh dengan perjuangan. “Mulai dari nol itu sulit, tapi saya terus berjuang hingga bisa mencapai apa yang saya impikan. Sekarang, saya sudah bekerja sama dengan banyak brand ternama dan klien yang puas dengan hasil kerja saya,” ungkapnya bangga.

Dengan banyaknya pengalaman bekerja sama bersama brand besar, Jessicaliviaa memiliki pesan khusus untuk para KOL pemula. “Kalian bisa lebih menggali bakat dan potensi kalian dengan menjadi influencer. Kalau sudah ketemu niche yang pas, bisa memonetisasi media sosial kalian. Dijamin Auto cuan!” Jangan pernah menyerah, untuk mewujudkan mimpi mimpi kalian, Nothing is impossible, Just Action! The Best is Yet to come! pesannya.

Sebagai KOL di dunia kecantikan dan gaya hidup, Jessicaliviaa mengakui bahwa konsep kontennya lebih mengarah ke Daily vlogger ala YouTube. Dimana “Saya lebih sering bikin konten dgn durasi panjang dibandingkan konten short reels,” ungkapnya sambil tertawa. Menurutnya, konten harian ini memberikan ruang lingkup yang lebih besar untuk nya berbagi pengalaman pribadi secara lebih mendalam dan ekspresif.

Dengan niche di bidang lifestyle dan beauty, Jessicaliviaa merasa senang sekali bisa memberikan inspirasi bagi para pengikutnya. “Konten-konten saya sebagian besar tentang kehidupan sehari-hari, mulai dari rutinitas kecantikan , ootd style, foodies hingga tempat-tempat menarik yang saya kunjungi,” katanya. Hal ini semakin memperkuat posisinya sebagai KOL yang mampu memberikan dampak positif bagi audiensnya.

Terlepas dari segala kesibukan dan tantangan, Jessicaliviaa tetap merasa bersemangat untuk terus berkembang di dunia KOL. “Saya yakin dengan konsistensi dan kerja keras, kita bisa mencapai apa yang kita inginkan. Hidup itu singkat, jadi maksimalkan setiap kesempatan yang ada,” pungkasnya. Your vibes attracts ur tribe!